Berkreasi penuh makna

Sebuah ide sederhana untuk menciptakan dunia yang penuh karya-karya fiksi literatur yang menarik serta bermakna.


Mengapa Elugy terlahir

“You never really understand a person until you consider things from his point of view... Until you climb inside of his skin and walk around in it.”

-Harper Lee, To kill a mockingbird-

Pernahkah kamu mengalami kejadian-kejadian yang sedikit diluar rutinitas keseharianmu? Contohnya, seperti dimarahi guru, diberi kejutan ulang tahun atau pergi ke tempat bertamasya. Kebanyakan orang pernah, atau mungkin mereka pernah diceritakan temannya yang mengalami kejadian-kejadian itu, sehingga ia dapat memahami apa yang temannya rasakan saat itu.

Namun, apakah kamu mengetahui apa yang dirasakan oleh orang-orang yang mengalami kejadian yang jarang orang lain alami? Misal, hidup di dunia mafia, bekerja di toko mainan, atau menyamar menjadi seseorang di negara lain. Hal tersebut tentu jarang sekali dialami oleh berbagai macam orang. Atau, lebih dalam lagi, pernahkah kita membayangkan apa yang dirasakan oleh orang normal yang terperangkap dalam dunia maya? Atau apa yang dirasakan oleh seorang hantu ketika melihat manusia? 

Hal-hal tersebut tidak bisa dialami oleh kebanyakan manusia, namun bisa disampaikan dalam cerita. Suatu cerita bisa menyampaikan sudut pandang seseorang dalam hidup. Melalui kisah-kisah yang tiap orang sampaikan, kita bisa melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda-beda sekaligus membangun imajinasi untuk berempati. Dan hanya dengan berempati dengan apa yang dirasakan oleh orang lain, kita bisa saling memahami dan lebih sedikit menghakimi. Setiap pesan-pesan kehidupan yang belum tentu bisa disampaikan melalui fakta, bisa disampaikan melalui karya fiksi.

Misi Elugy adalah membuat dunia yang penuh wawasan dan pengetahuan disertai dengan empati yang hanya bisa disampaikan melalui tiap cerita. Melalui cerita, pembaca bisa memahami, merasakan, berempati, serta menambah pengetahuan seakan ia sendiri yang melakukan petualangan untuk mencari kebenaran dunia dan makna dari kehidupan. 


Setiap kisah memiliki arti

Baik itu romansa, misteri, kehidupan sehari-hari atau bahkan komedi, didalam tiap cerita tersirat arti yang ingin diceritakannya, kebenaran yang ingin diungkapkannya,  pesan yang ingin disampaikannya. 

Dunia terlihat lebih mudah dimengerti melalui cerita. Semakin banyak informasi yang seseorang konsumsi, semakin baik ia dalam mengambil kesimpulan. Semakin banyak cerita yang seseorang baca, semakin mudah ia untuk berempati. Tiap cerita menuntun kita untuk menjadi bijak dalam memandang suatu perspektif tanpa menghakimi perbuatan.


Terhubung melalui cerita

Penulis yang bercerita membutuhkan saran serta ide untuk membuat ceritanya lebih baik lagi. Pembaca yang menyimak dapat dengan mudah terhubung dengan memberi respon ataupun saran terhadap cerita yang dibacanya. Menyukai suatu cerita akan memberi motivasi positif sekaligus merekomendasikan orang lain agar ikut membaca kisah tersebut lalu turut agar bisa mengambil hikmah darinya.


Kreasi penuh makna

Tidak semua cerita baik, dan tidak semua hal baik disampaikan dalam cerita. Elugy bukan untuk semua orang, namun semua orang bisa ikut berpartisipasi didalamnya. Kami sangat mengusahakan agar kualitas karya-karya di Elugy selalu terjaga dan sesuai dengan ketentuan kebijakan agar tercipta suatu komunitas yang nyaman ditempati bagi para penulis dan pembaca.