Daftar Istilah

Ankh: Lambang terang, cahaya dan kebaikan yang dipakai sebagai lambang Agama Vadis. Bentuk bulat di atas salibnya menyerupai Vadis yang merentangkan tangannya lebar-lebar, menyambut siapapun yang datang pada Jalan Terang.

Arcadia: Kekaisaran di wilayah barat Benua Aurelia, beribukota Myrcalia.

Bank Melchior: Sebuah organisasi yang melayani penyimpanan uang dan barang di tiap kota dengan jaringan di seluruh benua, cikal-bakal bank modern. Uniknya, bank ini menggunakan sihir hingga barang dan saldo rekening uang bisa diakses di semua cabangnya. Pencetusnya adalah Melchior Weinervalt, seorang penyihir dan ahli alkimia legendaris.

Baron: Tingkatan ningrat terendah yang biasanya disandang oleh pejabat pemerintahan kota atau tuan tanah dalam sistem Feodal.

Biara Santo Ambrosius: Biara yang besar seperti istana, dibangun di atas bukit di pusat Kota Redne sebagai pusat ibadah, panti asuhan dan pusat penyebaran Agama Vadis yang diprakarsai oleh Santo Ambrosius beberapa abad silam.

Bouvignon: Nama sebuah keluarga ningrat terhormat dan terkemuka di Redne.

Centaur: Makhluk setengah manusia, setengah kuda yang biasanya tinggal di hutan-hutan atau pegunungan.

Crylionel: Kalung Sukma Es, hadiah dari Sophia untuk kekasihnya, Reyl. Kalung ini konon berkekuatan magis yaitu menghangatkan tubuh yang dingin, menyejukkan tubuh di tempat panas, melindungi dari sihir es dan api serta satu kekuatan misterius.

Dioses: Pejabat tinggi Agama Vadis dengan tugas khusus.

Elf: Ras manusia mulia yang ciri-ciri utamanya bertelinga lancip. Dapat hidup berabad-abad dan awet muda, namun bukan abadi. Rata-rata elf sangat lincah dan mengandalkan sihir untuk mengerjakan banyak hal. Ras elf terdiri dari beberapa cabang: elf hutan, elf cahaya, elf malam, elf hitam, elf angin dan elf air.

Escudia: Kerajaan di semenanjung barat Benua Aurelia yang namanya diambil dari salah satu hasil tambang paling legendaris dan berharga di negeri itu, yaitu logam langka escudo yang disebut pula mithril.

Gavial: Siluman setengah manusia, setengah buaya yang cukup mahir menggunakan senjata. Biasanya hidup di daerah rawa-rawa, dan ada juga yang hidup di sekitar Gua Mordsgard.

Golem Kristal: Makhluk penjaga istana kristal, yaitu kristal yang berbentuk seperti boneka manusia yang konon dihuni oleh roh manusia seperti halnya mayat hidup.

Golem Obsidian: Disebut pula "manusia batu gamping", yaitu patung kristal hitam seukuran manusia pria dewasa yang memiliki kecerdasan dan kesadaran, bukan mayat hidup.

Gracia Vadis: Tombak sakti bermata tiga, salah satu jenis senjata pendeta-tabib Vadis. Membantu memperkuat sihir penyembuhan, sihir perlindungan serta mengandung elemen terang untuk memperkuat jurus pertahanan dan serangan yang sesuai.

Halethia: Kerajaan di timur Benua Aurelia, anggota Konfederasi Regia.

Handelburg: Kota perdagangan di Kerajaan Borgia, dekat perbatasan timur Kekaisaran Arcadia.

Harpy: Monster seukuran anak manusia berkepala wanita dan bertubuh burung, dengan kecepatan terbang mengagumkan dan cakarnya yang mampu merobek daging, meremuk tulang.

Hornet: Monster lebah raksasa. Hati-hati dengan sengatnya yang seperti tombak.

Imp: Monster sejenis kera bersayap bermoncong panjang-lancip. Jalannya meloncat-loncat, penerbang yang buruk namun sangat ganas. Banyak jenis imp, dan yang paling terkenal adalah imp neraka berkulit merah bagai api.

Joklfrey: Hutan Putih di wilayah Val'shka, selalu tertutup salju sepanjang tahun.

Joldin: Salah satu dari tiga pahlawan yang didewakan kaum kurcaci, yaitu dewa keberuntungan dan kemakmuran. Dua lagi adalah Ulric si dewa perang dan Thurlam si dewa kekuatan.

Katakombe: Kuburan bawah tanah atau gua tempat menyimpan jenazah yang sebagian sudah diawetkan.

Kristal Alluvium: Warna: Putih. Luka-luka dan penyakit si penyentuh kristal ini sembuh lebih cepat.

Kristal Archivelium: Warna: Tujuh Warna Pelangi. Ditempa bersama logam untuk memperkokoh dan/atau memperingan logam-logam itu, dibantu bahan-bahan lainnya.

Kristal Arsenium: Warna: Jingga. Membuat pemegangnya keracunan.

Kristal Crylium: Warna: Biru. Berkekuatan magis, bahan liontin untuk Kalung Crylionel.

Kristal Cumlaudium: Warna: Ungu. Saat memegangnya, orang itu jadi pintar mendadak.

Kristal Golemium: Warna: Merah. Menghidupkan benda mati setelah sebelumnya kristal itu diisi roh manusia. Makhluk baru yang disebut golem itu selanjutnya menggunakan Golemium sebagai mata sekaligus jantungnya.

Kristal Gravitium: Warna: Nila. Kristal yang bisa melayang, melawan daya gravitasi bumi. Biasa digunakan sebagai pijakan, bahkan bila disihir bisa jadi kendaraan.

Kristal Halizeum: Warna: Hijau. Khasiatnya menawarkan segala racun.

Kristal Malevium: Warna: Biru laut. Kristal gaib pemindah energi, konon diciptakan oleh Frei Val'shka sebagai media kebangkitannya kembali dalam tubuh baru.

Kristal Thaumaturvium: Warna: Kuning. Dengan campuran darah, kristal ini membuat makhluk apapun jadi monster dengan ciri-ciri fisik bercampur dengan makhluk yang darahnya dicampurkan itu. Mungkin sekali Udmelekh adalah salah satu contoh jenis monster yang disebut siluman ini.

Kurcaci: Ras manusia bertubuh cebol atau kerdil, biasanya memelihara janggut lebat supaya tampangnya tak terlihat bodoh. Tubuh kecil dan gerakan lambatnya itu diimbangi dengan kelebihan yaitu daya tahan tubuh yang luar biasa.

Lu Vazr: Ibukota Kerajaan Halethia, Konfederasi Regia.

Mata Iblis: Monster berbentuk bola dengan mata raksasa seukuran lebih dari sepuluh kali mata manusia. Sayap kelelawar kecil di atas tubuhnya membuat ia tak bisa terbang cepat. Serangannya adalah menembakkan sinar hitam penghancur ke arah lawan.

Minotaur: Kaumnya disebut pula Tauren. Bertubuh manusia, berkepala kerbau atau sapi, punya kelebihan baik dalam hal kekuatan maupun kecerdasan dibanding manusia.

Mordsgard: Rangkaian pegunungan di tenggara Halethia dengan dua tempat legendaris: Tebing Griffin dan Gua Monster.

Naga Salju Putih: Naga putih kebiruan yang sisik-sisiknya berkilau bagai kristal es. Ukuran tubuhnya sedikit lebih besar dari Udmelekh, dan bisa menyemburkan gelombang es dahsyat dari moncongnya. Dijuluki “Penguasa Hutan Putih”.

Parthenia: Sebuah negara Republik di semenanjung selatan-timur Benua Aurelia. Parthenia adalah pusat peradaban, kebudayaan, sains dan ilmu pengetahuan. Ibukotanya adalah Kyrios.

Phoenix: Burung abadi yang menggunakan elemen api yang menyelimuti seluruh tubuhnya saat menyerang atau marah atau bisa saja sepanjang waktu. Disebut abadi karena bila mati, ia terbakar sendiri jadi abu dan anak phoenix akan lahir kembali dari abunya.

Redne: Kota di distrik timur wilayah Kekaisaran Arcadia, dekat perbatasan dengan Borgia. Redne adalah salah satu pusat penyebaran Agama Vadis di Benua Aurelia.

Rosario Santo Ambrosius: Pusaka suci berbentuk plakat lambang Agama Vadis yang konon memiliki kekuatan gaib melindungi pemakainya dari setan, iblis dan makhluk-makhluk kegelapan dan membuat pemakainya selalu berkata jujur bila ditanya.

Satyr: Makhluk berkepala dan bertubuh manusia, bertubuh bawah dan berkaki kambing. Sangat periang, juga sangat agresif.

Serigala Salju: Serigala raksasa berbulu putih. Bilamana tidak tinggal di daerah beriklim kutub, bulunya tidak tebal dan putih, berganti dengan warna-warna lainnya. Serigala raksasa jenis ini disebut pula dengan nama warg.

Serikat Pemburu: Pusat penugasan misi perburuan yang terorganisir dan sah. Para pemburu hadiah berlisensi dapat mengambil misi dari Serikat di kota mana saja sebagai mata pencarian. Yang diburu biasanya monster atau buronan, juga misi mengumpulkan barang, harta karun, jasa pengawalan dan lain sebagainya. Bedakan dengan istilah "Partai" yang sifatnya lebih mengikat anggotanya.

Sistem Mata Uang: Alat tukar resmi di Benua Aurelia adalah koin, dengan pecahan yang disebut zenny (koin perunggu), florin (koin perak) dan crown (koin emas). Satu crown setara dengan sepuluh florin atau seratus zenny. Keseluruhan koin emas, perak dan perunggu adalah mata uang umum-tunggal yang disebut geine, yang nilainya setara dengan satu zenny.

Tabib: Dokter Sihir, ahli penyembuh dan pelindung.

Viperwolves: Geng Ular-Serigala ini terdiri dari penjahat, perampok, pencuri dan pembunuh bayaran. Berbasis di Redne, Kekaisaran Arcadia. Terkenal sangat kejam, sadis dan tangguh, hampir tak pernah membiarkan korbannya hidup.

Wendigo: Monster berbentuk seperti manusia yang sekujur tubuhnya berbulu tebal dan kepala tak berleher seakan terbenam di bahunya. Bulu-bulunya itu seperti rompi tahan tusukan, peredam pukulan dan menangkal sihir es atau air.

Yggdrasil: Pohon kehidupan, sumber energi alam yang berpusat di Evanesta, Thyrine.

Zaburyvostok: Tambang kristal yang bertransformasi menjadi Istana Kristal Abadi, bekas pusat pemerintahan Sang Dewi Es, Frei Val’shka.

Zerumata: Monster mata raksasa yang bisa menembakkan sinar tajam dari matanya, bercakar panjang seperti rentetan belati.

Zombie, Tengkorak Hidup, Hantu: Jenis makhluk dunia kematian atau kegelapan yang sukmanya menghuni raga yang awet-utuh, membusuk atau tinggal tulang, atau gentayangan dalam wujud roh. 

Belum ada komentar untuk chapter ini.

Jadi yang pertama?